-->

Type something and hit enter

Obat Udun Di Apotik.  Udun atau bisul adalah benjolan yang penuh rasa sakit dan nanah yang terbentuk di bawah kulit Anda saat bakteri menginfeksi dan mengobarkan satu atau lebih folikel rambut Anda.

Udun  biasanya dimulai sebagai benjolan merah dan empuk. Benjolan itu cepat terisi dengan nanah, tumbuh lebih besar dan lebih terasa sakit sampai mereka pecah dan tiriskan. Carbuncle adalah sekelompok udun yang membentuk daerah infeksi yang terhubung di bawah kulit.

Anda biasanya bisa merawat satu udun di rumah. Tapi jangan mencoba menusuk atau meremasnya - yang bisa menularkan infeksi.
obat udun

Gejala Udun Apa?

Udun dapat terjadi di manapun pada kulit Anda, tapi terutama muncul di wajah, leher, ketiak, bokong atau paha - daerah bantalan rambut di mana Anda cenderung berkeringat atau mengalami gesekan. Tanda dan gejala udun biasanya meliputi:
  1. Sebuah benjolan merah yang menyakitkan yang dimulai sekitar seukuran kacang polong
  2. Merah, kulit membengkak di sekitar benjolan
  3. Peningkatan ukuran benjolan selama beberapa hari karena mengisi dengan nanah (terkadang bisa mencapai ukuran bola bisbol)
  4. Perkembangan tip kuning-putih yang akhirnya pecah dan memungkinkan nanah keluar

Penyebab Udun

Sebagian besar udun disebabkan oleh Staphylococcus aureus, sejenis bakteri yang biasa ditemukan pada kulit dan di dalam hidung. Udun terkadang berkembang di tempat di mana kulit telah dipecahkan oleh luka kecil atau gigitan serangga, yang memberi bakteri mudah masuk.

Faktor risiko

Meskipun ada orang - termasuk orang sehat - dapat mengembangkan udun atau karbohidrat, faktor berikut dapat meningkatkan risiko Anda:
  1. Tutup kontak dengan orang yang memiliki infeksi Staph. Anda lebih mungkin terkena infeksi jika Anda tinggal dengan seseorang yang memiliki udun atau karbohidrat.
  2. Diabetes. Penyakit ini bisa membuat tubuh Anda lebih sulit untuk melawan infeksi, termasuk infeksi bakteri pada kulit Anda.
  3. Kondisi kulit lainnya. Karena merusak pelindung kulit, masalah kulit, seperti jerawat dan eksim, membuat Anda lebih rentan terhadap udun dan karbohidrat.
  4. Kekebalan yang dikompromikan Jika sistem kekebalan Anda melemah karena alasan apapun, Anda lebih rentan terhadap udun dan karbohidrat.

Obat udun di apotik


Berikut inilah contoh Antibiotik Obat Udun Di Apotik Kimia Farma Resep Dokter , udun atau bisul bisa kamu obati dengan berikut ini;
1.  Salep ICHTYOL untuk Udun
Obat udun di apotik ini mengandung Ichtammolum yang merupakan garam amonium asam sulfonat yang diperoleh dari batuan bitumen, bercampur dengan amonuim sulfat dan air. Ichtammolum bermanfaat sebagai antiseptika lemah dan biasa digunakan untuk mengobati udun.

Deskripsi:
Ichtammolum merupakan garam amonium asam sulfonat yang diperoleh dari batuan bitumen, bercampur dengan amonuim sulfat dan air. Ichtammolum bermanfaat sebagai antiseptika lemah.

Indikasi:
Obat udun (bisul)

Dosis:
dioleskan di sekitar udun 2 – 3 kali sehari.

Peringatan dan Perhatian :
hanya untuk pemakaian luar tubuh, penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi jaringan.

Harga obat ICHTYOL : Rp.6.500,-

2.   Asam Fusidat untuk Udun
Salep terakhir yang bisa digunakan untuk mengobati udun adalah asam fusidat. Obat ini terbukti efektif untuk pengobatan infeksi yang disebabkan oleh Streptococcus, Staphylococcus, Corynebacterium, dan  Clostridium.  Obat udun di apotik ini cukup digunakan dengan mengoleskan pada udun tiga kali sehari.

Efek samping asam fusidat:
  1. Ruam
  2. Rasa tersengat dan iritasi
  3. Gatal dan radang
    Harga obat Rp.40.000,-

3.  Benzocaine untuk Udun
Salep ini bisa digunakan untuk membantu meredakan rasa sakit karena udun. Salep ini mempunyai sifat anestesi lokal untuk menghalangi terjadinya transmisi sinyal yang menyebabkan rasa sakit. Jika dioleskan dalam jumlah kecil, salep akan membantu untuk mengurangi rasa sakit.
Sedangkan untuk dosis yang tinggi malah bisa menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Penggunaan Benzocaine harus sesuai resep dokter. Untuk menggunakannya cukup dioleskan tipis setelah mandi. Untuk harga Benzocaine adalah sekitar Rp 20.000,00

4.  Salep Gentamicin untuk Udun
Gentamicin adalah salah satu obat udun di apotik yang  paling  efektif. Salep ini mengandung antibiotik yang dapat membuat kulit yang terinfeksi membaik dan menjadi sembuh.
Cara pemakainnya sama seperti salep pada umumnya yaitu dengan mengoleskan salep gentamisin pada bagian udun. Oleskan salep ini tiga atau empat kali dalam sehari. Sebagai catatan, salep ini tidak boleh digunakan melebihi batas aman penggunaan yaitu dua minggu.
Hal ini karena penggunaan jangka panjang bisa meningkatkan risiko sistem kekebalan bakteri pada antibiotik. Untungnya, Gentamisin jarang memberikan efek samping pada penggunanya.

Efek Samping  salep garamycin
Efek samping garamycin salep (gentamicin sulfate) yang mungkin terjadi adalah terjadinya iritasi ringan pada kulit seperti erythema, dan pruritus.

Kontra indikasi
>   Jangan digunakan untuk penderita yang mengalami reaksi hipersensitivitas/alergi antibiotik gentamicin atau antibiotik golongan aminoglikosida lainnya.

>   Hindarkan juga pemakaian antibiotik ini untuk bayi prematur ataupun bayi baru lahir.
Indikasi

Kegunaan garamycin salep (gentamicin sulfate) adalah untuk pengobatan terhadap berbagai infeksi bakteri pada kulit :
>   Infeksi primer kulit : impetigo contagiosa, folikulitis superfisial, ecthyma, furunkulosis, sycosis barbae, dan pioderma gangrenosum.

>   Infeksi kulit sekunder : dermatitis eczematoid yang menular, jerawat, psoriasis pustular, dermatitis seboroik yang disertai infeksi, dermatitis kontak yang disertai infeksi, laserasi terinfeksi, kista kulit dan abses kulit lainnya bila didahului dengan insisi dan drainase, paronychia, borok stasis / kulit yang terinfeksi, luka bakar dangkal yang disertai infeksi, termasuk infeksi setelah gigitan serangga.
Harga obat garamycin: Rp.9.000,-


5.   Mupirocin Ointment untuk Udun Bisul
Obat udun di apotik selanjutnya adalah Mupirocin Ointment yaitu salah satu salep antibiotik untuk udun bersifat topikal yang berguna untuk mengobati udun. Antibiotik yang ada pada salep ini terbukti sangat ampuh untuk memerangi MRSA (meticillin resistant Staphylococcus aureus) yang merupakan penyebab utama dari udun serta bakteri gram positif yang lainnya.

Untuk mengobati udun, salep ini sebaiknya digunakan sebanyak tiga kali sehari dengan cara mengoleskan tipis di kulit. Jangan gunakan salep ini lebih dari dua minggu karena dapat menyebabkan kekebalan bakteri pada antibiotik. Sayangnya, salep ini juga memiliki efek samping berupa rasa terbakar, sakit, gatal, menyengat serta ruam kulit.

Efek samping  Mupirocin Ointment
Berikut adalah daftar efek samping yang memungkinkan yang dapat terjadi dari semua bahan-bahan konstitusi Mupirocin Ointment. Ini bukanlah daftar yang komprehensif. Efek-efek samping ini memungkinkan, tetapi tidak selalu terjadi. Beberapa efek samping ini langka tetapi serius. Konsultasi pada dokter Anda jika Anda melihat efek samping berikut, terutama jika efek samping tidak hilang.
  1. Kemerahan pada kulit
  2. Ruam bulat, bekas merah pada kulit
  3. Pembengkakan mata, bibir
  4. Reaksi kulit yang parah atau alergi
  5. Gatal parah kulit
  6. Ruam

Peringatan :
Sebelum menggunakan obat ini, informasikan dokter Anda tentang daftar obat Anda saat ini, produk toko (contoh, vitamin, suplemen herbal, dll.), alergi, penyakit yang sudah ada, dan kondisi kesehatan saat ini (contoh, kehamilan, operasi yang akan datang, dll.). Beberapa kondisi kesehatan dapat membuat Anda kebal pada efek samping obat. Konsumsi seperti yang diarahkan oleh dokter Anda atau ikuti petunjuk yang tercetak dalam brosur produk. Dosis berdasarkan kondisi Anda. Katakan pada dokter Anda jika kondisi Anda berlanjut atau memburuk. Poin-poin konseling penting dijabarkan dibawah ini.
  1. Sebaiknya tidak dikonsumsi oleh pasien yang memiliki gangguan ginjal
  2. luka bakar yang luas dan luka terbuka
    Harga obat
    Ointment : Rp.65.000,-
Sekian dari kami  MajalahObat.blogspot.com. Semoga memberi manfaat . 

Click to comment