-->

Type something and hit enter

Daftar Obat Tipes Di Apotik-Tipes adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhimurium. Bakteri hidup di usus dan aliran darah manusia. Hal ini menyebar antar individu dengan kontak langsung dengan kotoran orang yang terinfeksi.

Tidak ada hewan yang membawa penyakit ini, jadi transmisi selalu manusiawi bagi manusia.

Jika tidak diobati, sekitar 1 dari 4 kasus tipus berakhir dalam kematian. Jika pengobatan diberikan, kurang dari 4 dari 100 kasus berakibat fatal.

Penyakit ini  masuk melalui mulut dan menghabiskan 1-3 minggu di usus. Setelah waktu ini, ia berhasil menembus dinding usus dan memasuki aliran darah.

Dari aliran darah, ia menyebar ke jaringan dan organ lain. Sistem kekebalan tubuh tuan rumah bisa berbuat banyak untuk melawan karena tipes  bisa hidup di dalam sel inang, aman dari sistem kekebalan tubuh.

Tipes didiagnosis dengan mendeteksi adanya S. typhi melalui sampel darah, tinja, urin, atau sumsum tulang.
obat tipes
Gejala Tipes
Gejala biasanya dimulai 6-30 hari setelah terpapar bakteri. Dua gejala utama tipes adalah demam dan ruam. Demam tipes sangat tinggi, secara bertahap meningkat selama beberapa hari hingga 104 derajat Fahrenheit.

Ruam, yang tidak mempengaruhi setiap pasien, terdiri dari bintik-bintik berwarna mawar, terutama pada leher dan perut.

Gejala lainnya bisa berupa kelemahan, sakit perut, konstipasi, dan sakit kepala; Jarang, gejala mungkin termasuk kebingungan, diare, dan muntah (tapi tidak biasanya parah).

Dalam kasus yang serius dan tidak diobati, usus bisa menjadi berlubang; Hal ini dapat menyebabkan peritonitis (infeksi jaringan yang melapisi bagian dalam perut), yang bisa sangat serius.5

Catatan: paratyphoid memiliki gejala yang mirip dengan tipes namun disebabkan oleh Salmonella enterica. Kedua kondisi tersebut memiliki tingkat keparahan yang sama.

Coba baca ini : Nama Obat Ambeien Di Apotik Tanpa Operasi Dan Cinanya Sampai Bisa Sembuh

Penyebab Tipes
Tipes  biasanya ditularkan melalui air atau makanan, sama seperti kolera. Orang yang terinfeksi mengeluarkan bakteri hidup di kotoran dan urinnya. Mereka biasanya menular selama beberapa hari sebelum gejala berkembang, jadi mereka tidak tahu mereka perlu melakukan tindakan pencegahan ekstra. Jika mereka tidak mencuci tangan dengan benar, bipill tipus dapat ditransfer ke makanan atau air dan dari sana ke orang lain. Selain itu, bisa menyebar langsung dari orang ke orang melalui jemari yang terkontaminasi.

Sekitar 3% orang yang terinfeksi (diobati atau tidak) menjadi pembawa Salmonella typhi tanpa gejala. Ini berarti bahwa mereka terus menumpahkan bakteri ke dalam kotoran mereka setidaknya selama satu tahun dan seringkali seumur hidup namun tidak memiliki gejala tifus. Ada sejumlah kecil pembawa tifoid di setiap negara. Bahkan Kanada dan Amerika Serikat melaporkan lusinan kasus tifoid lokal yang ditransmisikan setiap tahun, meskipun kebanyakan kasus di negara-negara ini termasuk di antara wisatawan atau orang yang berimigrasi yang sakit saat mereka tiba.

Pengobatan di rumah
Jika demam tipes didiagnosis pada tahap awal, kursus tablet antibiotik mungkin diberikan untuk Anda. Kebanyakan orang perlu mengambil ini selama 7 sampai 14 hari.

Beberapa strain bakteri Salmonella typhi yang menyebabkan demam tipes telah mengembangkan resistensi terhadap satu atau lebih jenis antibiotik. Hal ini semakin menjadi masalah dengan infeksi tifoid yang berasal di Asia Tenggara.

Sampel darah, kotoran atau urin yang diambil selama diagnosis Anda karena itu biasanya akan diuji di laboratorium untuk menentukan strain mana yang Anda kena, sehingga Anda bisa diobati dengan antibiotik yang sesuai.

Gejala Anda harus mulai membaik dalam waktu dua sampai tiga hari setelah minum antibiotik. Namun, sangat penting Anda menyelesaikan kursus, untuk memastikan bakteri benar-benar dikeluarkan dari tubuh Anda.

Pengobatan di apotik
1.  Fluoroquinolones
Obat ini adalah jenis obat tipes orang dewasa dan anak-anak yang dianggap sebagai jenis obat pilihan menurut informasi dari dokter. Obat ini juga termasuk ke dalam jenis obat norfloksasin, levofloxacin dan ciprofloxacin. Menurut hasil laporan dari WHO menyampaikan bahwa jenis obat ini mampu membersihkan atau membuang bakteri salmonella hingga 80%, mungkin anda akan melakukan perbincangan terlebih dahulu dengan dokter ketika akan menggunakan obat ini, namun obat ini tidak akan cocok jika di gunakan bersamaan dengan pemberian obat lainya.

  • Efek samping Fluoroquinolones
    Efek samping yang sering timbul meliputi mual, muntah, diare, dll.
  • Peringatan Fluoroquinolones
    luoroquinolones diduga mempengaruhi pertumbuhan tulang. Itu sebabnya, obat ini tidak direkomendasikan untuk wanita hamil atau anak-anak.
  • Harga obat  Rp 5.171.000

2.  Azithromycin
Azithromycin juga memiliki fungsi yang hampir serupa dengan obat ceftriaxone yang dapat menjadi pilihan agar tidak mengalami resistensi, obat ini sangat efektif untuk mengobati penyakit tipes baik pada orang dewasa ataupun pada anak-anak.

Dosis Azithromycin
azitromisina (Azithromycin ) diberikan dengan dosis : dewasa dan anak diatas 16 thn termasuk usia lanjut : infeksi saluran nafas dan infeksi kulit dan struktur kulit tidak terkomplikasi : 500 mg sehari sebagai dosis tunggal pada hari pertama, kemudian dilanjutkan 250 mg sehari pada hari kedua sampai hari kelima. Infeksi non gonokokal uretritis dan servisitis 1000 mg sehari sebagai dosis tunggal. anak- anak 10 mg/ kg BB/ hari, 1 x sehari selama 3 hari.

interaksi obat Azithromycin
obat antasida yang mengandung aluminium dan magnesium mengurang kadar puncak azitromisina (Azithromycin ) pada plasma darah. Selain itu azitromisina (Azithromycin ) mengurangi klirens triazolam sehingga meningkatkan efek farmakologinya.

Efek Samping Azithromycin
Azithromycin Seperti halnya obat-obatan lain, azithromycin juga berpotensi menimbulkan efek samping. Adapun efek samping yang umum adalah diare (5%), mual (3%), nyeri perut (3%), dan muntah. Kurang dari 1% dari orang berhenti minum obat karena efek samping.

Dapatkan bantuan medis darurat segera jika Anda mengalami salah satu dari gejala berikut:
  1. Sakit dada
  2. Kejang
  3. Pembengkakan kaki atau pergelangan kaki
  4. Radang usus besar (gejala termasuk sakit perut, diare berat, kelelahan)
  5. Tertimbunnya cairan antara paru-paru dan dinding dada (gejala termasuk nyeri dada atau berat, atau kesulitan bernapas)
  6. Sel darah putih rendah (ini biasanya ditemukan pada pemeriksaan darah, gejala yang dapat diamati termasuk kelemahan, kelelahan, sesak napas, atau infeksi yang tak kunjung sembuh).
    Harga obat Rp 131.500

3. Chloramphenicol
Obat ini menurut beberapa informasi masih memiliki tingkat kesembuhan yang cukup tingkat tinggi untuk membantu mengobati penyakit tipes, jika anda menggunakan obat ini anda harus membatasi penggunaan jenis obat tipes lainya, seperti fluoroquinolones, sehingga tidak akan terjadi resistensi pada obat yang berkelanjutan.

Efek Samping Chloramphenicol
efek samping yang paling serius dari kloramfenikol (chloramphenicol) adalah anemia aplastik, meskipun jarang tetapi secara umum sangat fatal bila terjadi. kloramfenikol (chloramphenicol) juga menyebabkan tertekannya sumsum tulang belakang selama pemakaian, dan bisa menyebabkan leukemia (kanker darah atau kanker sumsum tulang) pada pemakaian dalam jangka waktu lama. pemberian secara Intravena bisa menyebabkan sindrom abu-abu pada bayi baru dilahirkan ataupun bayi prematur. efek lain kloramfenikol (chloramphenicol) adalah hipersensitivitas, ruam,urtikaria, mual, muntah, diare, sakit kepala dan super infeksi.

Kontra indikasi Chloramphenicol
kloramfenikol (chloramphenicol) dikontraindikasikan terhadap pasien yang hipersensitf terhadap kloramfenikol (chloramphenicol) dan derivatnya. Sebaiknya tidak diberikan kepada pasien dengan gangguan fungsi ginjal dan hati. jangan menggunakan antibiotik ini untuk pengobatan influenza, batuk pilek dan faringitis.
Harga obat  Rp 33.000

Baca ini juga : Resep Obat Maag Kronis Dan Akut Alami Dari Tumbuhan Paling Mujarab

4.  Ceftriaxone
Pemakain obat ini mungkin akan menjadi cara singkat terbaik yang akan di berikan oleh dokter ketimbang menggunakan obat Fluoroquinolones yang memiliki tingkat resiko mengalami resistensi yang lebih tinggi. Obat ini adalah suatu jenis obat antibiotik yang khusus untuk di berikan dengan cara di suntikan. Efek samping dari obat ini biasanya akan menimbulkan alergi dan penyakit kuning kepada para pasien, sehingga penggunaan obat ini harus sesuai dengan anjuran dari dokter.

Kontraindikasi Ceftriaxone
Hati-hati! Bahwa tidak semua orang bisa menggunakan obat ini, Ceftriaxone tidak boleh digunakan oleh orang dengan kondisi seperti di bawah ini:
  1. Memiliki hipersensitif atau alergi terhadap Ceftriaxone dan obat antibiotik cephalosporin lainnya, seperti cefadroxil dan cefalexin.
  2. Memiliki hipersensitif atau alergi terhadap Penicilin dan obat antibakteri beta laktam lainnya.
  3. Neonatus (bayi baru lahir sampai usia 28 hari) yang mengalami hiperbilirubinemia.
  4. Tidak digunakan dengan larutan atau produk yang mengandung kalsium pada bayi.

Efek Samping Ceftriaxone
Ceftriaxone Seperti halnya dengan obat-obat lainnya, Ceftriaxone juga berpotensi menyebabkan efek samping. Efek samping yang biasanya terjadi diantaranya:
  1. Tempat bekas suntikan membengkak.
  2. Mual, muntah, dan sakit perut.
  3. Pusing dan sakit kepala.
  4. Lidah bengkak.
  5. Berkeringat.
  6. Vagina terasa gatal atau mengeluarkan cairan.
    Harga obat Rp. 20.777

5.  Amoxicillin
Menggunakan obat ini dapat dilakukan melalui system suntik atau dikonsumsi secara langsung yang berbentuk tablet. Amoxicillin sendiri merupakan salah satu jenis obat yang sangat efektif untuk mengobati penyakit tipes, bahkan obat ini memiliki tingkat kekambuhan yang hanya 4-8 % saja. Selain itu, obat ini juga terkenal sebagai jenis obat yang paling aman terhadap terjadinya resistensi. Penggunaan obat ini sebaiknya di berikan melalui anjuran dari dokter agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Harga obat  Rp. 40.660

Sekian pembahasan dari kami mengenai obat tipes di apotik semoga artikel ini bermanfaat terima kasih MajalahObat.blogspot.com

Click to comment