-->

Type something and hit enter

Obat Gatal Alami paling Ampuh- Semua orang pasti pernah merasakan rasa gatal. Gatal sendiri merupakan sebuah rasa yang tidak nyaman pada bagian kulit yang akan memicu para penderitanya untuk melakukan sebuah garukan. Di dalam dunia medis, gatal disebut juga dengan pruritus. Gatal bisa menyerang bagian mana saja di seluruh tubuh. Dengan demikian akan ada kelainan kulit yang mengikutinya. Ada gatal yang juga tanpa diikuti dengan kelainan kulit, dan juga ada gatal yang datang bersamaan dengan kelainan pada kulit, misalnya saja seperti; bentol, kulit menjadi merah, bersisik, dan juga lain sebagainya. Gatal sering kali dianggap sebagai masalah yang sepele namun beberapa jenis gatal bisa memberikan efek yang kurang baik untuk kesehatan tubuh.

Penyebab datangnya gatal yang menyerang kulit

Sama seperti beberapa penyakit lainnya, penyakit gatal – gatal juga bisa datang karena adanya beberapa penyebabnya. Berikut ini beberapa penyebab yang bisa membuat anda merasa gatal –gatal;
  • Karena kulit kering
    Penyebab pertama mengapa gatal – gatal sering menyerang anda, hal ini dikarenakan kulit yang kering. Kulit gatal – gatal yang tidak disertai dengan adanya perubahan kulit lainnya, biasanya disebabkan karena kulit yang kering. Kulit kering biasanya akan dipengaruhi juga oleh fakor lingkungan seperti cuaca yang panas atau dingin dengan adanya tingkat kelembaban yang rendah, bisa dikarenakan penggunaan AC dengan jangka panjang, mencuci atau mandi yang terlalu sering.
  • Karena adanya penyakit kulit dan ruam
    Penyebab selanjutnya bisa dilihat sangat jelas, bahwa gatal – gatal yang datang menyerang bisa dikarenakan adanya kulit yang terserang penyakit atau ruam. Banyak penyakit kulit yang bisa menyebabkan kulit menjadi gatal seperti; eksim, kemudian kudis, kutu, cacar air, dan banyak lagi jenis lainnya. Pada kasus ini rasa gatal akan mempengaruhi daerah tertentu dan bisa juga disertai dengan tanda – tanda yang lain, seperti kulit yang merah, kemudian kulit yang teriritasi, dan juga benjolan atau lecet.
  • Karena adanya penyakit dalam
    Masih sama dikarenakan penyakit, namun gatal – gatal juga bisa disebabkan oleh adanya penyakit dalam, misalnya seperti; penyakit hati, kemudian gagal ginjal, masalah tiroid, dan beberapa penyakit lainnya. Pada beberapa kasus, rasa gatal biasanya akan mempengaruhi seluruh tubuh, bukan hanya pada satu daerah kulit tertentu. Kulit mungkin akan terlihat lebih normal, kecuali untuk daerah kulit yang berulang kali sering digaruk dan dapat memberikan goresan atau lecet.
  • Gangguan saraf
    Selanjutnya ada gangguan saraf sebagai salah satu bagian penyebab mengapa datangnya gatal – gatal. Gangguan saraf juga dapat menyebabkan gatal – gatal. Kondisi ini yang akan mempengaruhi sistem saraf – saraf multiple sclerosis, kemudian diabetes mellitus, ada juga saraf terjepit, dan juga herpes zoester yang akan menyebabkan rasa gatal – gatal.
  • Karena iritasi dan reaksi alergi
    Ada beberapa bahan yang bisa menyebabkan anda menderita gatal – gatal, misalnya dikarenakan adanya iritasi atau alergi terhadap bahan wol, kemudian beberapa bahan kimia tertentu, ada juga karna sabun dan zat lainnya juga yang akan membuat menjadi iritasi pada kulit dan memberikan rasa gatal. Kadang – kadang memang zat tertentu dapat menyebabkan reaksi dari alergi, misalnya seperti alergi kosmetik atau bahkan alergi makanan tertentu.
  • Karena efek samping obat
    Beberapa kandungan obat memang dapat memberikan efek samping gatal – gatal. Biasanya reaksi terhadap obat – obatan seperti; antibiotik, kemudian obat antijamur, atau juga obat nyeri narkotika, dapat menyebabkan ruam dan juga gatal – gatal yang luas. Terkenal dengan menggunakan istilah drug eruption atau juga alergi obat.
racikan iObat Gatal Pada Kulit, Selangkangan, Dan Gatal Seluruh Badan

Gejala yang timbul pada gatal – gatal

Gejala pada gatal – gatal juga dapat terlokalisasi pada salah satu bagian dari tubuh, misalnya saja pada sela paha atau yang sering disebut dengan gatal jamur. Kemudian pada sela jari biasanya disebut dengan gatal scabies, dan juga bisa datang pada seluruh tubuh yang disebabkan oleh alergi atau gatal akibat dari penyakit, dan lain sebagainya. Sebenarnya gatal akan datang tergantung pada penyebabnya, gatal akan disertai dengan gejala bentol – bentol, kemudian berisi dengan cairan, ada juga bentol kecil disertai dengan kulit yang bersisik pada sekitarnya, kulit menjadi kemerahan, kulit bisa menjadi kering, bahkan juga bisa menjadi pecah – pecah.
Selain itu, dari segi perjalanan penyakit, rasa gatal akan berlangsung lama dan akan susah untuk disembuhkan. Ada pula yang hanya berlangsung singkat dengan penyebab yang sepela. Hal ini sekali lagi akan tergantung pada penyebabnya. Gatal seringkali menjadi semacam hal yang membuat rasa menjadi tidak nyaman. Orang yang gatal otomatis akan memberikan garukan, padahal ketika anda menggaruknya maka anda akan memberikan rasa gatal yang lebih buruk dan memperparah keadaan.

Cara mengatasi gatal dengan bahan alami

Berikut ini adalah cara mengobati Gatal Pada Kulit, Selangkangan, Dan Gatal Seluruh Badan secara alami yang simpel tanpa ribet.
  1. Menggunakan cuka apel untuk Obat Gatal

    Bahan alami pertama yang bisa anda gunakan adalah cuka apel. Cuka apel sendiri merupakan bagian dari bahan alami yang memiliki banyak manfaat, dan salah satu manfaatnya bisa dirasakan untuk menghilangkan rasa gatal yang menyrang kulit anda. Cuka apel memiliki kandungan yang akan berfungsi sebagai bahan untuk membunuh kuman dan juga bakteri yang akan menyebabkan rasa gatal pada kulit. Menggunakan cuka apel sebagai bahan alami untuk mengatasi rasa gatal juga sangat aman dan tidak memberikan efek samping yang buruk bagi penggunanya.
    Cara untuk menggunakan cuka apel sebagai salah satu bagian dari obat gatal paling ampuh pada badan. Anda bisa menyediakan beberapa bahan yang dibutuhkan seperti cuka apel dan juga kapas yang bersih. Setalah itu, cuci bagian yang gatal terlebih dahulu dan keringkan dengan menggunakan tisu. Jika sudah, maka anda bisa mengambil kapas dan berikan cuka apel pada bagian yang gatal. Biarkan selama beberapa menit agar bisa bekerja dengan maksimal. Cara ini sangat aman dan mudah dilakukan, untuk itu anda bisa terus menggunaknnya ketika gatal – gatal sedang menyerang anda. Gunakan setiap hari dan lakukan perawatan dengan baik pada kulit anda. Jika sudah menggunakan obat untuk mengatasi gatal, ada baiknya hindari beberapa perkara yang membuat kulit anda gatal.
  2. Menggunakan timun untuk Obat Gatal

    Siapa yang tidak kenal timun? Bahan yang sering digunakan sebagai lalapan ini memang sering sekali digunakan untuk menjadi salah satu bahan alami yang bisa merawat kulit anda sekaligus cara menghilangkan gatal di badan. Jika mentimun memang memiliki manfaat yang banyak untuk mengatasi masalah kulit, timun juga bisa digunakan untuk membantu menghilangkan rasa gatal pada kulit. Rasa dingin yang dimiliki oleh timun akan membantu anda untuk mengatasi rasa gatal yang menyerang. Tidak hanya itu, tetapi timun juga bisa digunakan untuk megnatasi kulit yang berminyak. Menggunakan timun akan memudahkan anda sebab dapat dengan mudah ditemukan.
    Cara untuk menggunakan timun sebagai salah satu obat gatal herbal di tangan dari tanaman . Pertama, anda bisa menyediakan beberapa bahan yang dibutuhkan agar semakin memudahkan anda. Sediakan mentimun yang masih segar satu buah saja. Setelah itu kupas dan bersihkan timun sampai benar – benar besih. Parut timun sampai halus dan letakkan pada bagian kulit yang gatal. Diamkan selama 30 menit dan anda bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih dan sabun. Cara ini dapat anda lakukan setiap saat ketika gatal – gatal menyerang kulit anda. Cara ini juga termasuk dalam cara alami yang efisien untuk dilakukan sendiri di rumah.
  3. Menggunakan daun mahkota dewa untuk Obat Gatal

    Selanjutnya anda dapat menggunakan daun mahkota dewa sebagai salah satu bagian untuk cara mengatasi gatal – gatal di kemaluan atau kulit yang menyerang. Selama ini, mungkin daun mahkota dewa sudah dikenal dengan sangat baik dapat digunakan untuk mengobati beberapa masalah pada tubuh. Menggunakan daun mahkota dewa memang tidak terlalu mudah, sebab tidak mudah ditemukan atau justru mungkin beberapa orang tidak tahu tentang khasiat dari daun mahkota dewa. Daun mahkota dewa akan membantu untuk menghilangkan bakteri yang menyebabkan kulit anda menjadi gatal – gatal dan akan mengurangi gejala gatal – gatal yang menyerang. Tidak hanya itu, daun mahkota dewa juga bisa membantu merawat kesehatan dan kelembuatan kulit and.
    Cara untuk menggunakan daun mahkota dewa sebagai salah satu ramuan obat gatal pada kulit. Sediakan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Anda hanya membutuhkan beberapa lembar daun mahkota dewa dan cuci sampai benar – benar bersih. Setelah itu, anda bisa menumbuknya atau dengan cara memblendernya agar jadi lembut. Jika sudah lembut, maka anda bisa menempelkannya pada bagian kulit yang terserang rasa gatal. Kemudian diamkan selama 15 menit, dan bilas dengan menggunakan air bersih. Cara ini bisa anda lakukan setiap hari dengan menggunakan cara ini tiga kali dalam satu hari. Hentikan penggunaan jika memang kulit sudah hilang rasa gatal dan iritasi yang terlihat dikulit juga sudah hilang.
  4. Menggunakan daun biduri dan minyak kelapa untuk Gatal-Gatal

    Pernah mendengar daun biduri? Beberapa orang mungkin merasa namanya sangat asing, namun daun biduri ini memiliki banyak manfaat yang bisa digunakan untuk mengatasi beberapa masalah pada tubuh yang salah satunya dapat digunakan untuk cara meredakan rasa gatal yang menyerang. Daun biduri ini memang jarang orang yang tahu, tapi tidak sulit untuk menemukannya. Menggunakan daun biduri untuk mengatasi gatal ada baiknya juga menggunakan minyak kelapa sebab dapat memberikan efek samping yang baik dan semakin cepat untuk menyembuhkan gatal – gatal di kulit anda. Seperti yang anda ketahui bahwa minyak kelapa dapat digunakan untuk membuat kulit menjadi lebih sehat dan lembut.
    Cara untuk menggunakan daun biduri dengan paduan minyak kelapa sangatlah mudah. Pertama, anda bisa menyediakan beberapa bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Sediakan daun biduri yang masih segar beberapa lembar dan sediakan minyak kelapa secukupnya. Setelah semua bahan terkumpulkan, anda bisa memanaskan daun biduri tersebut dengan menggunakan minyak kelapa. Jika sudah terasa hangat, anda bisa menempelkan daun biduri tersebut pada bagian kulit yang terasa gatal. Diamkan selama 15 menit, setelah itu anda bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih dan sabun. Cara ini sangat efektif dan anda bisa melakukan cara ini tiga kali dalam satu hari sampai gatal dan iritasi pada kulit anda benar – benar hilang.
  5. Menggunakan kulit pisang untuk Obat Gatal

    Buah pisang menjadi salah satu buah yang mudah sekali ditemukan di Indonesia. Memang buah pisang ini dapat tumbuh dengan mudah didaerah tropis, jadi tidak heran jika anda sering sekali melihat buah pisang disekitar anda. Namun, sekalipun begitu buah pisang memiliki banyak sekali manfaatnya. Tidak hanya buahnya, tetapi juga kulitnya juga memiliki khasiat yang sangat baik untuk tubuh. Kulit daun pisang sangat efesien digunakan untuk melakukan perawatan pada kulit anda, salah satunya dapat meredakan gatal dan iritasi yang ada pada kulit. Menggunakan kulit pisang akan sangat membantu dan menguntungkan anda.
    Cara untuk menggunakan kulit pisang sebagai salah satu resep obat gatal pada seluruh badan. Pertama, anda bisa menyediakan beberapa bahan yang dibutuhkan agar semakin mudah untuk mengatasi gatal – gatal yang menyerang anda. Sediakan kulit pisang yang sudah dibersihkan terlebih dahulu, pastikan anda mencari yang masih segar. Setelah itu, anda bisa menempelkan bagian dalam kulit pisang dan berikan pijatan – pijatan pada bagian tubuh anda yang memang gatal. Jika sudah, anda bisa mendiamkannya selama 10 menit, dan bilas dengan menggunakan air hangat. Cara ini bisa anda lakukan tiga kali dalam satu hari. Apabila gatal – gatal pada kulit sudah reda, anda bisa menjadikan cara ini sebagai salah satu cara yang alami untuk menyehatkan kulit anda.
  6. Menggunakan lidah buaya untuk Obat Gatal

    Lidah buaya menjadi bahan alami selanjutnya cara menghilangkan gatal di selangkangan dan bokong yang kaya akan manfaat dan salah satunya memang digunakan untuk merawat kulit. Lidah buaya tidak hanya akan membuat kulit menjadi sehat dan lembut, tetapi lidah buaya juga bisa digunakan untuk meredakan gatal – gatal yang menyerang. Kandungan aloe vera pada lidah buaya akan menjadi kandungan yang membunuh bakteri dan mengatasi penyebab dari gatal – gatal yang menyerang. Menemukan lidah buaya juga tidak sulit, jadi bisa menjadi cara yang sangat ampuh untuk digunakan mengatasi gatal – gatal.
    Untuk menggunakan lidah buaya sebagai obat gatal di selangkangan. Pertama, agar semakin mudah maka anda harus menyediakan beberapa bahan yang dibutuhkan. Sediakan lidah buaya yang masih segar satu batang saja dnegan ukuran yang sdang, kemudian anda bisa mencucinya sampai benar – benar bersih. Jika sudah, maka anda bisa memotong bagian kulit dan mengambil bagian gelnaya saja. Hancurkan gel tersebut dan letakkan pada bagian yang gatal. Diamkan selama 10 menit dan bisa anda bilas dengan menggunakan air dingin yang bersih. Menggunakan cara ini bisa anda lakukan kapan saja ketika kulit anda menjadi gatal. Hentikan penggunaan jika memang semakin parah.
  7. Menggunakan Jahe untuk Obat Gatal

    Jahe adalah salah satu rempah – rempah yang mudah ditemukan dan memiliki khasiat yang sangat banyak untuk menjaga kesahatan tubuh. Biasanya jahe ini digunakan untuk mengatasi masuk angin dan beberapa keluhan yang datang dari dalam tubuh. Namun, siapa yang menyangka bahwa jahe juga bisa mengatasi beberapa masalah yang ada di luar tubuh, salah satunya dapat digunakan untuk rasa gatal – gatal yang menyerang kulit anda. Kandungan yang dimiliki oleh jahe dapat digunakan sebagai antibakteri dimana akan membunuh bakteri yang menyerang kulit anda. Tidak hanya itu, bisa juga digunakan untuk meredakan peradangan akibat dari garukan pada kulit. Untuk menggunakan jahe akan semakin memudahkan anda sebab bahan yang digunakan juga mudah untuk ditemukan.
    Cara untuk membuat obat gatal tradisioanal jamur dengan menggunakan jahe sangatlah mudah. Jika anda ingin lebih cepat mengatasinya, maka anda harus menyediakan beberapa bahan yang dibutuhkan. Sediakan jahe sebanyak 30 gram dan cuci sampai benar – benar bersih, kemudian sediakan juga cuka sebanyak 60 cc, ada gula merah secukupnya, dan juga beras putih secukupnya. Jika semua bahan sudah dikumpulkan, maka anda bisa mulai merebus semua bahan dengan menggunakan 800 cc air, tunggu sampai benar – benar mendidih dan air tersisa tinggal 400 cc. Tunggu air tersebut dingin, kemudian minum dalam waktu tiga kali dalam satu hari. Baca lagi artikel review Nama obat lainnya: Herbal Obat Flu Paling Ampuh Yang Bagus Dari Bahan Alami Dan Tradisional.

Pantangan Makanan yang dapat menyebabkan gatal – gatal

Jika anda mudah sekali terserang gatal – gatal, ada baiknya jika anda memang berhati – hati pada apa yang anda makan. Pola makanan memberikan pengaruh yang kuat untuk kesehatan tubuh anda. Berikut ini beberapa makanan yang bisa menyebabkan anda terserang gatal – gatal;
  • Telur
    Telur memang menjadi bahan makanan yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari – hari. Mungkin tidak semua mengalami gatal – gatal pada kulit setelah mengkonsumsi telur, namun pada umumnya telur merupakan salah satu makanan yang memiliki kemungkinan yang besar dan bisa menyebabkan gatal – gatal sebagai salah satu reaksi dari alergi. Telur memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan terdiri dari beberapa jenis rasa gatal yang biasanya akan timbul setelah mengkonsumsi telur.
  • Udang
    Selain Telur sebagai pantangan gatal-gatal , rasanya udang juga menjadi salah satu bagian dari bahan makanan yang bisa menyebabkan gatal – gatal menyerang dengan mudah. Udang merupakan salah satu jenis dari seafood atau makanan laut. Sama halnya dengan telur, memang tidak semua orang akan merasakan gatal – gatal setelah makan udang. Namun, udang memiliki kandungan tinggi akan protein yang sangat memungkinkan untuk membuat pengonsumsinya akan mengalami gatal – gatal disertai dengan bercak merah. Kondisi ini akan mereda selang beberapa lama.
  • Kedelai
    Barangkali banyak juga yang tidak tahu, bahwa kedelai juga bisa menjadi salah satu bahan makanan yang bisa menyebabkan rasa gatal – gatal datang menyerang pada kulit. Hal ini biasanya disebabkan oleh reaksi alergi. Pada para penderita yang memiliki kemungkinan terserang gatal – gatal kedelai ini biasanya terjadi pada anka – anak. Para orang tua yang khawatir akan kondisi ini tidak perlu merasa takut sebab pada usia 3 atau 4 tahun alergi ini akan sembuh dengan sendirinya. Untuk itu, anda harus waspada pada untuk memberikan anaka anda makanan yang mengandung kedelai seperti; tahu, kecap, roti, tepung kedelai, dan masih banyak lainnya.
  • Kacang pohon
    Berbicara tentang makanan dilarang untuk penderita gatal-gatal karena bisa memberikan rasa gatal, selanjutnya ada makanan kacang pohon yang juga bisa menyebabkan anda merasakan gatal – gatal. Kacang pohon sangat digemari untuk menjadi salah satu bahan cemilan dan biasanya dimasak untuk menjadi makanan. Kacang pohon ini bisa sekali menyebabkan masalah pada kulit seperti jerawat atau juga bisa bisul. Hal ini dikarenakan kacang – kacangan memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sehingga gatal – gatal di kulit akan muncul bagi anda yang sudah merasakan gatal dan akan menjadi lebih parah. Yang sering diserang dengan mudah dengan gatal karena kacang – kacangan adalah anak – anak.
Itulah beberapa informasi yang bisa diberikan oleh tim Nama Obat seputar gatal – gatal dan cara penangananya. Semoga bermanfaat dan semoga dalam lindungan Allah SWT.

Click to comment