-->

Type something and hit enter

Obat alami sakit gigi- kesehatan memang menjadi hal yang harus diutamakan. Banyak sekali masalah kesehatan yang dapat menimpa tubuh kita, salah satunya adalah sakit gigi. sakit gigi sendiri merupakan kondisi dimana ketika muncul perasaan nyeri di dalam atau pada sekitar gigi dan juga rahang. Ada tingkat keparahan rasa nyeri yang muncul, sangat bervariasi mulai dari yang ringan sampai yang parah. Nyeri karena sakit gigi bisa terasa secara terus menerus dan sepanjang hari atau bisa juga sebentar hilang kemudian muncul lagi secara berulang – ulang tanpa menentu. Sering sekali nyeri sakit gigi terasa sangat memburuk, biasanya ketika penderita mulai berbaring di malam, kemudian ketika penderita makan atau minum makan yang dingin dan juga panas.

resep Obat Sakit Gigi Alami Cepat Sembuh Tidak Bolong Paling Manjur

Penyebab datangnya sakit gigi

Banyak sekali penyabab dari sakit gigi. Pada bagian gigi terdapat pulpa gigi yang merupakan lapisan paling dalam dari struktur gigi dan terdiri atas pembuluh darah yang sangat sensitive sekali. Sakit gigi terjadi dikarenakan pulpa mengalami peradangan. Nah, penyebab peradangan sendiri sangat beragam seperti berikut;
  • Adanya pembusukan pada gigi. Biasanya kondisi ini sering diakibatkan oleh permukaan gigi yang berlubang.
  • Penumpukkan nanah di dasar gigi juga bisa menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Hal ini disebabkan oleh infeksi bakteri.
  • Adanya penyusutan gusi.
  • Kemudian gigi menjadi retak.
  • Adanya tambalan gigi yang rusak (hal ini akan berlaku untuk orang yang giginya pernah ditambal).
  • Selain dikarenakan radang ada pulpa gigi, ada juga sejumlah kondisi yang juga menyebabkan rasa nyeri pada daerah gigi seperti menyerupai sakit gigi, seperti berikut;
    • Sinusitis
    • Adanya abses periodontal.
    • Cedera pada sendir temporomandibular dimana sendi yang menghubungkan rahang dengan tengkorak kepala.
    • Pembengkakan gusi atau gusi pecah akibat dari gigi yang tumbuh.
    • Adanya tukak pada gusi.
    • Tumbuh gigi.

Gejala sakit gigi yang sering menyerang

Sama seperti beberapa penyakit lainnya, sakit gigi juga memiliki gejalanya sendiri. Ketika terjadi rasa sakit pada gigi, maka daerah rahang yang berdekatan dengan tempat gigi yang sakit akan terasa nyeri juga dan teraba sangat lunak. kadang – kadang sumber dari tempat yang nyeri sangat sulit untuk dibedakan. Misalnya saja ketika nyeri yang berasal dari telinga kemudian terdapat kasus infeksi geraham bahwa dan nyeri seperti berasal dari saluran sinus akan ada infeksi pada geraham atas. Selain rasa nyeri, ada juga beberapa gejala yang timbul seperti;
  • Adanya bengkak disekitar gigi yang sedang terinfeksi.
  • Muncul rasa pusing yang ringan tetapi cukup lama.
  • Kemudian ada rasa dan bau busuk dari gigi yang sedang terinfeksi.
  • Jika sakit gigi sudah parah biasanya memberikan demam yang tinggi.
Ketika merasakan gejala – gejala yang timbul dari sakit gigi, ada baiknya segera bawa ke dokter gigi untuk mendapatkan pemeriksaan atau anda juga bisa memberikan perawatan dan penanganan yang khusus.

Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Cepat Menggunakan Bahan Alami

Bahan alami banyak juga digunakan sebagai cara yang tepat untuk mengobati beberapa masalah kesehatan tubuh. Bahan alami dipercaya tidak memberikan efek samping yang begitu berbahaya bagi tubuh, biasanya hanya berupa beberapa efek samping ringan yang akan hilang dengan sendirinya juga. Anda juga bisa menggunakan bahan alami untuk membantu mengobati sakit gigi. Berikut ini cara mengatasi sakit gigi dengan menggunakan bahan alami;
  1. Menggunakan air jeruk nipis, garam, dan juga biji buang matahari

    Bahan alami pertama yang bisa digunakan untuk ramuan herbal obat sakit gigi tradisional adalah biji bunga matahari yang dipadukan dengan garam, dan juga air jeruk nipis. Dari ketiga bahan ini, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan untuk mengobati sakit gigi. Biji bunga matahari memiliki kandungan serat, kemudian, vitamin E, Folat, dan juga magnesium yang akan berfungsi untuk meringangkan dan juga penyembuhkan peradangan. Tidak hanya itu, tetapi juga bisa digunakan untuk melindungi saraf pada gigi. Garam dan juga jeruk nipis akan bekerja untuk membunuh kuman yang menyebabkan adanya sakit gigi. Ketiganya adalah paduan yang sangat pas untuk mengobati sakit gigi dengan rasa nyeri yang tidak tertahankan.
    Cara untuk menggunakannya juga tidak terlalu sulit. Pertama, anda harus menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Siapkan, beberapa biji bunga matahari, kemudian garam, dan juga perasan dari air jeruk nipis. Setelah itu anda bisa menghaluska biji bunga matahari sampai lembut. Kemudian campurkan dengan garam dan juga air jeruk nipis. Berikan air matang satu gelas saja, aduk sampai rata dan larut, kemudia anda bisa menjadikan ramuan tersebut obat kumur atau bisa juga anda minum. Lakukan cara ini setiap hari dua kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  2. Menggunakan lada hitam dan garam

    Selanjutnya, anda bisa menggunakan lada hitam dan garam untuk menjadi obat sakit gigi secara alami dan ampuh tanpa memberikan efek samping yang buruk. Banyak sekali bahan di dapur yang bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi, hal ini akan membantu anda lebih mudah. Lada hitam merupakan salah satu bumbu masak yang memiliki kandungan vitamin A, vitamin E, dan juga vitamin K. Tidak hanya itu, tetapi juga ada kandungan serat, niacin dan juga anti peradangan. Sedangkan garam akan membantu membunuh bakteri. Kedua bahan ini akan menjadi paduan yang tepat untuk menyembuhakan sakit gigi.
    Cara menggunakannya juga tidak terlalu sulit. Anda bisa mengumpulkan bahan – bahan yang dibutuhkan terlebih dulu. Siapkan lada hitam secukupnya kemudian garam juga secukupnya. Tumbuk lada hitam sampai benar – benar lembut terlebih dahulu. Setelah itu, anda bisa mencapurkannya dengan garam. Berikan air sedikit saja hingga menjadi pasta yang kental. Setelah itu, anda bisa menatanya pada bagian gigi yang sedang sakit. Cara ini akan membantu menghilangkan sakit gigi dengan cepat. Lakukan cara ini satu hari satu kali sampai gigi anda benar – benar sembuh dan tidak ada rasa nyeri yang datang.
  3. Menggunakan kulit tanaman andong dan garam

    Pernahkah anda mendengar tanaman andong? Tanaman ini memiliki khasiat yang besar dimana dapat digunakan untuk mengobati sakit pada gigi. Bagian yang digunakan untuk tanaman ini adalah bagian kulitnya. Tanaman andong sendiri memiliki kandungan banyak sangat bermanfaat untuk gigi, misalnya saja; kandungan polisakarida, kemudian ada saponin, flavonoid, poliferol, dan juga kalsium oksalat yang dapat digunakan untuk meredakan jenis radang yang sedang terjadi di dalam ataupun di luar gusi. Kulit tanaman andong akan bekerja dengan baik sebagai cara menghilangkan sakit gigi jika dipadukan dengan garam yang akan bekerja membunuh bakteri penyebab sakit pada gigi.
    Cara menggunakannya juga tidak terlalu sulit, pertama anda bisa menyiapkan beberapa bahannya terlebih dahulu. Siapkan kulit tanaman andong secukupnya dan garam juga secukupnya. Setelah itu, anda bisa membersihkan kulit tanaman andong terlebih dahulu. Bungkus garam dengan menggunakan kulit tanaman andong kemudian kunyah garam bersama dengan tanaman kulit andong. Kunyah sampai lembut dan sampai rasanya berkurang. Jika sudah anda bisa meludahkannya. Jika digunakan untuk sakit gigi berlubang maka anda bisa menumbuknya jadi satu dengan garam kemudian tampelkan pada bagian gigi yang berlubang. Diamkan selama 30 menit, dan bilas dengan menggunakan air bersih atau gunakan sikat gigi. Cara ini sangat ampuh untuk dicoba, gunakan satu kali dalam satu hari sampai gigi benar – benar sembuh.
  4. Menggunakan jahe, air lemon, dan juga garam

    Selanjutnya anda bisa mencoba untuk menggunakan bahan alami paduan dari air lemon, jahe, dan juga garam. Ketiga bahan ini juga ampuh jika digunakan untuk ramuan kuno obat sakit gigi paling ampuh dan alami. Air lemon yang digunakan memiliki kandungan asam sitrat, kemudian asam askrobat, vitamin C, dan juga beberapa kandungan lainnya dimana akan berfungsi untuk memperbaiki jaringan yang akibat dari infeksi. Sedangkan air jahe mengandung senyawa phenol yang akan berfungsi sebagai anti peradangan untuk gigi yang berlubang dan radang pada gusi. Kemudian garam, membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi.
    Cara untuk menggunakan tiga bahan; air lemon, jahe, dan garam bukan sesuatu yang sulit. Pertama, anda bisa menyiapkan beberapa ruas jahe yang sudah dikupas dan dibersihkan. Kemudian peras lemon dan ambil airnya saja, dan garam secukupnya. Setelah itu campurkan garam dan air lemon, kemudian jahe hancurkan dan larutkan dalam air. Jika sudah campurkan air lemon dan garam pada air jahe. Aduk rata dan gunakan untuk berkumur selama 3 menit. Jika sudah bilas dengan menggunakan air bersih atau menggunakan pasta gigi. Lakukan cara ini satu kali dalam satu hari, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  5. Menggunakan bawang merah dan air jeruk nipis

    Banyak bahan alami yang digunakan, selanjutnya anda dapat menggunakan bawang merah dan juga jeruk nipis. Bawang merah sanat mudah untuk ditemukan di dapur, sebab biasanya akan digunakan sebagai kebutuhan memasak. Mungkin beberapa orang merasa membuat obat sakit gigi manjur dengan bawang merah, tetapi bawang merah memang obat yang alami untuk sakit gigi dan berkhasiat tinggi. Bawang merah memiliki kandungan allisin, alilpropil, alilin, disulfide, fitosterol, flavonol, dan juga beberapa macam lainnya. Fungsi dari bawang merah ini akan menjadi anti peradadngan yang dapat mengatasi segala bentuk peradangan di dalam kulit. Sedangkan air jeruk nipis akan membantu membunuh kuman penyebab sakit gigi.
    Cara menggunakannya juga sangat sederhana, pertama anda harus menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan. Siapkan bawang merah secukupnya, kemudian satu buah jeruk nipis ambil bagian airnya saja. Jika sudah, anda bisa menghaluskan bawang merah kemudian campurkan dengan air jeruk nipis. Buat bulatan dan letakkan pada bagian gigi anda yang sedang sakit. Diamkan selama 15 menit, kemudian anda bisa membuangnya dan bersihkan dengan cara berkumur atau menggosok gigi. Lakukan cara ini satu hari satu kali agar sakit gigi anda lebih cepat dan mudah untuk disembuhkan. Jika rasa sakit sudah hilang, maka hentikan penggunaan.
  6. Menggunakan akar kangkung, belimbing wuluh, dan cuka

    Memadukan beberapa bahan alami akan menjadi obat sakit gigi yang sangat mujarab. Selanjutnya anda dapat memadukan bahan akar kangkung, kemudian air belimbing wuluh, dan juga cuka. Masing – masing bahan yang digunakan memiliki manfaatny sendiri untuk mengobati sakit gigi. Akar kangkung memiliki kandungan protein, fosfor, vitamin A, B2, kalium, niacin, dan juga beberapa kandungan lainnya. Manfaat yang didapatkan bisa digunakan untuk mengobati saki pada saraf gigi dan dapat digunakan untuk menghambat kerja bakteri pada tulang dan juga gigi. Sedangkan air belimbing wuluh dapat digunakan sebagai antiperadangan, dan cuka digunakan sebagai antibakteri yang membunuh bakteri penyebab sakit gigi.
    Cara menggunakannya juga sangat mudah, pertama anda bisa menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Siapkan beberapa akar kangkung yang masih muda, kemudian ambil air sari belimbing wuluh. Setelah itu anda bisa bisa merebus akar kangkung yang sudah dibersihkan dan juga air belimbing wuluh. Tambahkan cuka secukupnya. Tunggu sampai benar – benar mendidih dan air tinggal setengahna saja. Diamkan sampai benar – benar dingin dan gunakan untuk berkumur, tahan beberapa saat sebelum dibuang dan ulangi beberapa kali. Jika sudah anda bisa membilas mulut anda dengan berkumur dengan air besih, atau bisa juga dengan menggosok gigi anda. Cara ini lakukan setiap hari agar gigi anda tetap sehat.
  7. Menggunakan bunga rumput jontang dan garam

    Bahan alami selanjutnya yang dapat digunakan menjadi obat tradisional sakit gigi yang alami adalah bunga rumput jontang dan juga garam. Mungkin beberapa dari anda ada yang tidak mengerti akar rumput jontang, tetapi bahan alami ini sangat bermanfaat sekali digunakan untuk mengobati sakit gigi anda. Akar rumput jontang ini memiliki kandungan limonene, kemudian magnesium, alkaloid, dan juga lainnya. Fungsinya dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi dan meredakan peradangan yang ada pada gusi. Sedangkan seperti yang diketahui, garam akan membantu untuk membunuh bakteri yang menyebabkan sakit gigi. Keduanya merupakan paduan yang tepat untuk mengobati sakit gigi.
    Cara yang digunakan juga sangat mudah, anda perlu untuk menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan. Siapkan akar rumput jontang dan cuci sampai benar - benar bersih dan siapkan garam halus secukupnya. Setelah itu anda bisa melembutkan akar jontang sampai benar – benar halus setelah itu campurkan dengan garam dan buat bulatan kecil agar bisa diletakkan di dalam gigi yang sedang sakit. Diamkan selama 15 menit agar bekerja terlebih dahulu. Setelah itu anda bisa membuangnya dan berkumur dengan menggunakan air berish. Untuk hasil yang lebih baik, sebaiknya anda menggosok gigi anda. Lakukan cara ini setiap hari sampai gigi anda benar – benar sembuh.
  8. Menggunakan daun sambung nyawa dan garam

    Jenis bahan alami yang digunakan untuk ramuan obat sakit gigi herbal memang sangat banyak. Pernahkah anda mendengar daun sambung nyawa? Daun sambung nyawa merupakan bahan alami selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi. Kandungan yang dimiliki daun sambung nyawa ini berupa glokosida, kemudian asam benzoate, saponin, dan juga fenoliat. Fungsinya dapat digunakan untuk meredakan nyeri pada sekitar rongga mulut akibat dari gigi yang berlubang. Sedangkan garam akan bekerja seperti biasanya, membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Daun sambung nyawa memang tidak mudah ditemukan tetapi memiliki khasiat yang luar biasa.
    Cara menggunakannya juga cukup sederhana, pertama anda bisa menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Siapkan daun sambung nyawa satu lembar saja, kemudian bersihkan dengan menggunakan air sampai benar – benar bersih. Kemudian anda dapat mengunyahnya bersamaan dengan garam. Tunggu sampai rasanya hilang kemudian anda bisa meludahkannya dan membuangnya. Jika sudah anda bisa mencuci mulut anda dengan cara berkumur dengan menggunakan air yang bersih dan atau bisa juga dengan menggosok gigi anda. Lakukan cara ini setiap hari satu kali saja, lakukan sampai sakit pada gigi anda benar – benar sembuh dan rasa nyeri tidak terasa lagi.

Cara mencegah gigi agar tidak sakit

Gigi juga butuh perhatian untuk tetap sehat dan bersih. Menjaga kesehatan gigi memang bukan hal yang mudah dilakukan, tetapi demi gigi yang sehat dan bersih tentu saja anda harus menjaga gigi anda. Menjaga kesehatan gigi juga termasuk dalam kategori pencegahan terhadap datangnya sakit gigi yang menyerang. Berikut ini usaha yang bisa dilakukan untuk menjaga gigi anda;
  1. Pertama, anda bisa memeriksakan gigi anda ke dokter paling tidak dua kali dalam satu tahun.
  2. Batasi konsumsi makanan atau juga minuman yang manis. Misalnya saja; makanan yang mengandung coklat, kemudian kue yang manis, dan permen.
  3. Biasakan untuk menggosok gigi anda satu hari dua kali dengan menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride.
  4. Jangan lupa untuk selalu membersihkan sela – sela gigi dengan menggunakan dental floss atau yang sering juga disebut dengan benang gigi.
  5. Untuk tindakan pelengkap, anda harus sering memastikan bahwa mulut anda terbebas dari bakteri. Caranya akhiri menggosok gigi dan berkumur dengan menggunakan mouthwash jika memang dibutuhkan.
  6. Untuk anda yang merokok, sebaiknya hentikan merokok atau mulai mengurangi kebiasaan merokok perlahan – lahan. Selain merokok dapat merusak kesehatan paru – paru, merokok juga memiliki kebiasaan yang buruk untuk kesehatan gigi dan juga mulut anda. Baca lagi artikel review Nama obat lainnya: Nama Obat Cacing Kremi Di Apotik Pada Anak Dan Ibu Hamil Di Perut.

Larangan makanan untuk penderita sakit gigi

Makanan menjadi hal yang paling harus dijaga ketika sakit gigi. Gigi yang sakit akan memberikan rasa sensitive yang luar biasa, untuk itu anda harus mencoba memilih makanan yang tidak memberikan efek samping buruk untuk kesehatan anda. Berikut ini beberapa makanan yang tidak boleh anda konsumsi ketika sakit gigi;
  • Ketika sakit gigi berlubang, ada baiknya jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang dingin. Mungkin beberapa orang sering mengabaiknnya tetapi makanan dan minuman yang dingin akan membuat rasa sakit pada gigi akan semakin parah. Untuk itu anda harus hindari beberapa makanan atau juga minuman yang dingin. Paling tidak sampai sakit gigi anda benar – benar sembuh.
  • Selanjutnya, ada baiknya anda menghindari makanan yang manis. Makanan manis juga dapat memicu rasa sakit pada gigi semakin parah dan rasa nyeri semakin terasa.
  • Coba juga untuk menghindari makanan yang memiliki tekstur yang keras. Ketika anda sakit gigi gusi bengkak, kekuatan gigi anda akan berkurang, jika anda memaksakan memakan makanan yang keras maka akan memberikan rasa nyeri yang lebih parah pada sakit gigi anda. Hal ini yang kadang sering diabaikan oleh penderita sakit gigi.
Bagi anda yang suka sekali minum alcohol atau minuman keras, maka sebaiknya hentikan penggunaan ketika sakit gigi. Mengkonsumsi makanan keras akan membuat sakit pada gigi anda semakin parah dan tidak sehat.
Itulah beberapa informasi yang dapat diberikan oleh
Nama Obat tentang obat sakit gigi gusi bengkak. Semoga bermanfaat dan semoga selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT.

Click to comment