-->

Type something and hit enter

Nama Obat Gatal Pada Kulit Di Apotik- Kulit gatal adalah sensasi yang tidak nyaman dan menjengkelkan sehingga membuat Anda ingin menggaruk. Juga dikenal sebagai pruritus (proo-RIE-tus), kulit gatal biasanya disebabkan oleh kulit kering. Ini biasa terjadi pada orang dewasa yang lebih tua, karena kulit cenderung menjadi lebih kering seiring bertambahnya usia.
Bergantung pada penyebab kulit gatal Anda, mungkin tampak normal. Atau mungkin merah atau kasar atau memiliki benjolan atau lecet. Menggaruk berulang bisa menyebabkan area kulit terangkat dan menebal yang mungkin berdarah atau menjadi terinfeksi.

Langkah perawatan diri seperti pelembab, menggunakan produk anti gatal dan mandi air dingin bisa membantu meringankan kulit gatal. Kelegaan jangka panjang memerlukan identifikasi dan penanganan penyebab kulit gatal. Perawatan kulit gatal meliputi obat-obatan, dressing basah dan terapi cahaya.

Obat Gatal Pada Kulit

Gejala gatal
Anda mungkin memiliki kulit gatal di atas area kecil tertentu, seperti di lengan atau kaki, atau di sekujur tubuh Anda. Kulit gatal bisa terjadi tanpa ada perubahan lain yang mencolok pada kulit. Atau mungkin terkait dengan:
  1. Kemerahan
  2. Benjolan, bintik atau lecet
  3. Kering, kulit pecah-pecah
  4. Tekstur kulit atau bersisik pada kulit
Terkadang gatal berlangsung lama dan bisa terasa hebat. Saat Anda menggosok atau menggaruk area, itu akan menjadi gatal. Dan semakin gatal, makin gores. Melanggar siklus gatal-gatal ini bisa jadi sulit, namun goresan terus bisa merusak kulit Anda atau menyebabkan infeksi.

Penyebab gatal
Kemungkinan penyebab kulit gatal meliputi:
>  Kulit kering. Jika Anda tidak melihat tanaman benjolan merah terang atau perubahan dramatis lainnya di daerah gatal, kulit kering (xerosis) adalah penyebabnya. Kulit kering biasanya berasal dari usia yang lebih tua atau faktor lingkungan seperti penggunaan jangka panjang AC atau pemanas sentral, dan mencuci atau mandi terlalu banyak.

>  Kondisi kulit dan ruam. Banyak kondisi kulit gatal, termasuk eksim (dermatitis), psoriasis, kudis, kutu, cacar air dan gatal-gatal. Rasa gatal biasanya mempengaruhi area tertentu dan disertai tanda lain, seperti kulit merah, teriritasi atau benjolan dan lecet.

>  Penyakit internal Kulit gatal bisa menjadi gejala penyakit yang mendasari. Ini termasuk penyakit hati, gagal ginjal, anemia defisiensi besi, masalah tiroid dan kanker, termasuk leukemia dan limfoma. Rasa gatal biasanya mempengaruhi seluruh tubuh. Kulit mungkin terlihat normal kecuali area yang berulang kali tergores.

>  Kelainan saraf. Kondisi yang mempengaruhi sistem saraf - seperti multiple sclerosis, diabetes mellitus, saraf terjepit dan herpes zoster) - dapat menyebabkan gatal.

>  Iritasi dan reaksi alergi. Wol, bahan kimia, sabun dan zat lainnya bisa mengiritasi kulit dan menyebabkan gatal. Terkadang zatnya, seperti racun ivy atau kosmetik, menyebabkan reaksi alergi. Alergi makanan juga bisa menyebabkan kulit gatal.

>  Narkoba. Reaksi terhadap obat-obatan, seperti antibiotik, obat antijamur atau obat nyeri narkotika, dapat menyebabkan ruam dan gatal yang meluas.

>  Kehamilan. Selama kehamilan, beberapa wanita mengalami kulit gatal, terutama pada perut dan paha. Selain itu, kondisi kulit gatal, seperti dermatitis, bisa memburuk selama kehamilan.

Komplikasi
Kulit gatal bisa mempengaruhi kualitas hidup Anda. Rasa gatal dan goresan yang berkepanjangan dapat meningkatkan intensitas gatal, yang mungkin menyebabkan:
  1. Cedera kulit
  2. Infeksi

Jaringan parut

Coba baca ini : Nama Obat Flu Generik Hidung Tersumbat Yang Paten Di Apotek


Merek Obat gatal yang dijual di apotik dan indikasinya


Ok. sekarang inilah daftar Nama Obat Gatal Pada Kulit Di Apotik Karena Jamur Dan Harganya yang harus anda tahu sebelum membelinya di apotik terdekat .

1.  Obat Antihistamin untuk gatal-gatal
Obat apotik untuk gatal-gatal pada kulit ini bisa anda gunakan untuk mengurangi rasa gatal di tubuh anda yaitu obat antihistamin. Antihistamin adalah obat oral sehingga penggunaannya adalah dengan mengkonsumsinya. Fungsi obat ini adalah sebagai penghambat zat kimia yang ada di dalam tubuh yang bisa menyebabkan kulit terasa gatal. Obat yang bisa anda konsumsi untuk meredakan gatal adalah CTM, obat ini merupakan obat antihistamin yang bermanfaat untuk menghilangkan rasa gatal namun memiliki efek samping rasa kantuk. Setelah mengkonsumsi obat ini anda tidak boleh memegang kendaraan atau menyetir kendaraan bermotor sebab efeknya akan sangat berbahaya sekali yaitu bisa membuat anda mengalami kecelakaan akibat rasa kantuk yang anda derita.

Efek samping antihistamin
Efek samping tiap-tiap jenis antihistamin dapat berbeda-beda, begitu pula efek samping satu jenis antihistamin juga dapat berbeda-beda pada tiap-tiap orang. Selalu baca keterangannya pada kemasan antihistamin.
Efek samping antihistamin yang cukup sering terjadi, antara lain:
  1. Sakit kepala
  2. Sukar buang air kecil
  3. Mulut kering
  4. Penglihatan kabur
  5. Sakit dan muntah.
    Harga obat : Rp 4.000,-

2.  Obat Ketoconazole untuk gatal
Jika gatal anda ditimbulkan sebab adanya panu, ketombe dan kurap, sebaiknya cari obat yang bermerk ketoconazole ini. Komponen penting dari membran sel jamur yang bernama sintesa ergosterol, dapat dengan mudah dibasmi dengan obat ini. Gunakanlah sampai benar-benar sembuh! Agar infeksi tidak tumbuh kembali. Penggunaan bahan obat alami pun sangat dianjurkan oleh semua dokter. Terlebih bagi penderita dalam proses pencegahan datang kembali setelah sembuh.

Efek Samping ketoconazole
Obat ketoconazole dapat menimbulkan beberapa efek samping yang sifatnya reversibel apabila penggunaan obat dihentikan. Efek samping tersebut antara lain :
  1. reaksi alergi mual,
  2. mutah, sakit perut
  3. sakit kepala, dan pusing
  4. peningkatan enzim hati
  5. gangguan haid
  6. trombositopenia
  7. ginekomastia dan oligospermia
  8. hepatitis (reaksi idiosinkrasi)

Dosis ketoconazole
Ketoconazole berbentuk krim, sampo dan tablet minum. Untuk yang berbentuk krim dapat dioleskan secara tipis dan merata pada lesi kulit. Penggunaan ketoconazole krim harus hingga infeksi tuntas karena penggunaan yang tidak tepat dapat menyebabkan kekambuhan. Pada preparat sampo, dapat digunakan untuk kulit kepala dan umumnya gejala membaik dalam 2 – 4 minggu. Hal yang perlu diingat pada penggunaan sampo ketoconazole adalah harus dipastikan tidak adanya luka pada tempat pemberian ketoconazole.
Harga obat : Rp 99.000,-

3.  Obat Miconazole untuk gatal
Obat gatal apotik selanjutnya ini bermanfaat untuk mematikan jamur yang biasanya menjadi penyebab datangnya gatal pada kulit khususnya mulut dan kemaluan. Tapi bisa juga digunakan untuk mengusir jamur yang bersarang pada kulit. Akibat dari pemakaian popok pada bokong bayi dan kuku (baik kuku bayi atau orang dewasa). Sesuai dengan anjuran dokter pada umumnya, miconazole ini dipakai tidak lebih dari waktu 3 minggu. Tergantung apakah sudah mereda atau belum. Tapi sebaiknya terus dipakai sampai habis saja, agar infeksi jamur tidak gampang kambuh kembali.

Efek Samping Miconazole
Hubungi dokter atau unit gawat darurat apabila Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi: Gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hubungi dokter secepatnya apabila Anda mengalami efek samping serius seperti:
  1. Rasa terbakar atau sakit pada mulut
  2. Sariawan baru pada mulut atau lidah
  3. Masalah gigi
  4. Nyeri atau bengkak pada gusi
  5. Kulit pucat, perasaan ringan pada kepala, kesulitan bernapas, detak jantung yang cepat, kesulitan berkonsentrasi

Indikasi Miconazole
Berikut ini adalah beberapa kegunaan miconazole :
  1. Sediaan topikal seperti cream lebih banyak digunakan untuk infeksi jamur pada kulit seperti jamur pada sela-sela jari kaki (athlete’s foot), jamur pada kuku (onkomikosis), jamur pada lipatan kulit, lipatan paha, kulit kepala, jamur pada tubuh (panu dan kadas).
  2. Untuk kandidiasis vulvovaginal (infeksi jamur), sediaan tablet vagina atau cream digunakan dengan cara dimasukkan ke dalam vagina, misalnya untuk mengobati infeksi leukore/keputihan.
  3. Sediaan troche atau lozenge (tablet hisap) digunakan untuk kandidiasis orofaringeal (oral thrush).

Kontraindikasi Miconazole
Salep Miconazole tidak boleh digunakan pada penderita yang telah diketahui memiliki:
  1. Riwayat hipersesitivitas atau alergi terhadap miconazole
  2. Riwayat hipersesitivitas atau alergi terhadap komponen obat
  3. Riwayat hipersesitivitas atau alergi terhadap obat azole lainnya
    Harga obat : Rp 5.000,-

Baca juga ini : Penyebab, Jamu Dan Nama Obat Ejakulasi Dini Di Apotik Serta Harganya

4.  Obat Kortikosteroid untuk gatal
Obat gatal ini cara pemakaiannya dioleskan pada kulit. Krim kortikosteroid ini berfungsi sebagai anti peradangan dan anti alergi sehingga dapat menghilangkan gatal. Tentunya krim obat gatal ini digunakan pada kasus-kasus gatal pada daerah kulit tertentu bukan pada kasus gatal seluruh tubuh. Oleskan pada kulit yang terlibat 3-4 kali sehari. Penggunaan obat gatal ini sebaiknya atas petunjuk dokter. Mengingat pada kasus-kasus kulit gatal tertentu tidak boleh menggunakan obat ini, seperti kulit gatal akibat jamur contohnya panu. Jika penyebab gatal adalah jamur dan menggunakan obat ini bukannya sembuh malah akan menjadi parah.

Dosis Kortikosteroid
Dosis kortikosteroid untuk tiap pasien berbeda-beda. Dosis biasanya ditentukan oleh dokter berdasarkan tingkat keparahan penyakit dan respons tubuh tiap pasien.
Selain tingkat keparahan dan respons tubuh, dosis serta durasi pengobatan kortikosteorid juga tergantung pada:
  1. Jenis dan bentuk kortikosteroid yang berbeda kekuatan kerjanya dan efek sampingnya.
  2. Jenis penyakit yang diidap penderita.

Efek Samping kortikosteroid
Kortikosteroid dapat menurunkan ketahanan terhadap infeksi sehingga infeksi mungkin menjadi lebih sulit untuk diobati. Efek samping yang umum:
  1. Peningkatan nafsu makan
  2. Gangguan pencernaan
  3. Kehilangan nafsu makan (untuk triamsinolon saja)
  4. Gugup atau gelisah
    Harga obat : Rp 10.762,-

5.  Obat Scabimite untuk gatal
Obat yang satu ini memiliki fungsi yang bagus untuk gatal pada kulit Anda. Karena dapat dengan cepat memetabolisir kulit serta ampuh mengganggu polarisasi pada dinding sel syaraf parasit. Melalui ikatan Natrium yang mengakibatkan rasa gatal yang pasti tidak nyaman bagi penderitanya khususnya pada bagian lipata-lipatan kulit. Oleskan saja pada bagian yang gatal dan sekitarnya sebelum tidur, diamkan selama 7-10 jam dan ketika bangun harus langsung dicuci.

Efek samping Scabimite
Berikut adalah daftar efek samping yang memungkinkan yang dapat terjadi dari semua bahan-bahan konstitusi Scabimite Cream. Ini bukanlah daftar yang komprehensif. Efek-efek samping ini memungkinkan, tetapi tidak selalu terjadi. Beberapa efek samping ini langka tetapi serius. Konsultasi pada dokter Anda jika Anda melihat efek samping berikut, terutama jika efek samping tidak hilang.
  1. Gangguan
  2. Kesulitan bernafas
  3. Rasa sesak di dada atau tenggorokan
  4. Gatal pada kulit
  5. Menyengat atau kesemutan
  6. Pembengkakan mulut

Dosis Scabimite
Scabimite (Permethrin) diberikan dengan dosis sebagai berikut :
-    Scabies (Kudis)
Dewasa : Oleskan tipis-tipis cream 5 % ke seluruh permukaan kulit dari leher sampai jari kaki. Cuci setelah 8-14 jam. 30 g krim biasanya cukup untuk orang dewasa rata-rata.
   Pubis pediculosis
Dewasa : gunakan secukupnya secara merata pada daerah kemaluan. Diamkan selama 10 menit dan kemudian bilas dengan air bersih.
Harga obat : Rp. 98.000,-

Sekian dari kami MajalahObat.blogspot.com

Click to comment